Hi Curious people, tahukah anda bahwa knowledge dibagi menjadi 2, yaitu tacit dan explicit. apakah tacit dan explicit knowledge itu? 

Tacit knowledge adalah pengetahuan  yang  belum  didokumentasikan atau  pengetahuan yang masih berada di dalam “kepala” seseorang. Pengetahuan ini berisikan “insight”, pengalaman, pemikiran, atau pem- belajaran  yang diterima  dari pengalaman sehari-hari.  

sedangkan Explicit knowledge adalah pengetahuan yang secara mudah dapat diartikulasi, dikode, diakses, dan diverbalkan. Pengetahuan ini tersirat atau sudah terdokumentasi. Karena sudah  tertulis,  sangat  mudah  bagi  kita untuk  mempelajarinya.  Contoh  lain  pengetahuan explicit  yang  ada  di  per- usahaan adalah  standard  operation  procedure  (SOP), job description, product knowledge, atau peraturan-peraturan perusahaan lain.

Ada 10 perbedaan yang mendasar yaitu

1    Pada Explicit Knowledge, pengetahuan bersifat Tangible atau berwujud. sedangkan Pada Tacit knowledge,pengetanhuan bersifat Intangible atau tidak berwujud.
2    Pada Explicit Knowledge, pengetahuan Berwujud objek-objek fisik, seperti dokumen, database, dan lain-lain. Pada Tacit knowledge, Objeknya adalah apa yang ada di kepala seseorang (knowledge).
3    Pada Explicit Knowledge, Konteksnya bersifat independen. sedangkan Pada Tacit knowledge, Konteksnya mempengaruhi makna.
4    Pada Explicit Knowledge, pengetahuan Dengan mudah dapat dibagikan. sedangkan pada tacit knowledge, pengetahuan Dibagikan hanya bisa melalui sesi sharing, meeting, diskusi, tanya jawab, dan lain-lain.
5    Pada Explicit Knowledge, pengetahuan Dapat dengan  mudah diproduksi  kembali.    Sedangkan tacit knowledge pengetahuan Tidak dapat direplikasi secara identik.
6    Pada Explicit Knowledge, pengetahuan Mudah diverifikasi dan umumnya  kuantitatif.sedangkan pada tacit knowledge    Umumnya kualitatif.
7    Pada Explicit Knowledge, pengetahuan bersifat Stabil, tidak berubah sepanjang waktu.    sedangkan tacit knowledge pengetahuan Berkembang  melalui pengalaman pribadi.
8    Pada Explicit Knowledge, pengetahuan Bisa dimiliki oleh perusahaan. sedangkan tacit knowledge, pengetahuan    Tidak bisa dimiliki oleh perusahaan.
9    Pada Explicit Knowledge, pengetahuan bersifat Objective, rasional, teknikal.    sedangkan tacit knowledge pengetahuan bersifat Subjective, cognitive, experential learning.
10    Pada Explicit Knowledge, Kontennya tetap. sedangkan tacit knowledge Konten tercipta secara dinamis.

Demikian perbedaan yang mendasar dari explicit dan tacit knowledge. See you